PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU IBU-IBU AKSEPTOR KB MENGENAI AKDR SERTA FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DI RW 03 KELURAHAN TANJU

ABSTRAK
Alat kontrasepsi spiral merupakan salah satu metode kontrasepsi yang pengunaannya relatif lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan metode kontrasepsi lain. Penggunaan KB spiral mengalami penurunan dari 13% pada tahun 1991 menjadi 5,4% pada tahun 2006. Berdasarkan mini survei BKKBN tahun 2006, didapatkan bahwa metode hormonal suntikan (35,8%) dan pil (17,4%), IUD (5,4%), susuk KB (4,3%), dan MOW (2,3%)yang digunakan oleh akseptor KB.
Penelitian ini menggunakan studi deskriptif cross sectional dengan menggunakan uji statistik analitik non parametrik chi square. Data diambil dari ibu – ibu akseptor KB mengenai KB Spiral di RW 03 Kelurahan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat dengan kuesioner yang sudah diuji coba sebelumnya. Populasi sebanyak 487 orang dan didapatkan sampel berjumlah 105 orang dengan simple random sampling dengan tabel random.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan 16,2% ibu akseptor KB yang memakai KB spiral. Data sebaran didapatkan 44,76 % ibu akseptor KB berpengetahuan kurang, 40,95% mempunyai sikap kurang, 45,71% mempunyai perilaku kurang terhadap alat kontrasepsispiral, 53,33% ibu akseptor KB usia 20 sampai dengan 30 tahun, 42,86% ibu akseptor KB mempunyai tingkat pendidikan yang sedang, 70,48% ibu akseptor KB tidak bekerja, 73,33% dari keluarga akseptor KB yang berada di bawah garis kemiskinan ( pendapatan sama atau kurang dari Rp.972.604), 60,95% ibu akseptor KB memilki jumlah anak lebih dari dua, 42,86% ibu akseptor KB mengikuti satu kegiatan soaial (aktivitas sosial yang cukup), 77,14% suami turut berperan untuk memutuskan pilihan alat kontrasepsi yang akan digunakan.
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, jumlah anak, dan peran suami dengan pengetahuan ibu-ibu akseptor KB mengenai Alat KontrasepsiSpiral. Ada hubungan yang bermakna antara aktivitas sosial dengan sikap ibu-ibu akseptor KB mengenai Alat Kontrasepsi spiral. Ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan perilaku ibu-ibu akseptor KB mengenai Alat Kontrasepsi spiral. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan sikap ibu-ibu akseptor KB, pengetahuan ibu dengan perilaku ibu, dan antara sikap ibu dengan perilaku ibu-ibu akseptor KB mengenai Alat Kontrasepsi spiral.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: